Penilaian Guru Dan Kepala RA/Madrasah Berprestasi Tahun 2018

Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. Kementerian Agama Kota Pekanbaru mengadakan pemilihan kepala dan Guru Berprestasi pada satuan pendidikan Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) tahun 2018.

Penilaian Guru dan Kepala RA/Madrasah Tingkat Kota ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru kepada mereka yang memiliki dedikasi, kompetensi, kinerja dan prestasi tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan potensi peserta didik/masyarakat, pengembangan satuan pendidikan dan pengembangan profesionalisme yang relevan dengan tugas mereka sebagai guru dan kepala RA/madrasah.

Pemilihan kepala dan guru berprestasi ini merupakan salah satu solusi penyemangat bagi kepala dan guru untuk meningkatkan komptensi diri dalam profesi yang jalani dan dapat menjadi model atau contoh bagi kepala dan guru lainnya. Pemilihan kepala dan guru RA dan Madrasah berprestasi ini juga diharapkan berdampak positif bagi hasil pembelajaran dan perkembangan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama.

Untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Drs. H. Edwar S Umar, M.Ag menunjukkan Tim sebagai berikut:

  1. Neny Sunarti, S. Pd, M. Pd Ketua (Ketua Kelompok Pengawas)
  2. Yundri Akhyar, MA Sekretaris (Pembina Kampus STIT Al-Kifayah Riau)
  3. Ariadi Iskandar, M. Pd anggota (Pangawas)
  4. Aswin, S. Pd anggota (Pangawas)
  5. Azmarwati, S. Pd anggota (Pangawas)
  6. N, S. Pd anggota (Pangawas)
  7. Eliwarti anggota (Pangawas)
  8. Elza Putri, M. Pd anggota (Pangawas)
  9. M Daud, S. Ag anggota (Pangawas)
  10. Hj. Misdar, M. Pd anggota (Pangawas)
  11. Zahroti Musanif, M.Pd anggota (Pangawas)
  12. Eki Dwi Putri, S.Pd.I anggota (Pangawas)

Kepala Kemenag, Drs. H. Edwar S. Umar, M.Ag menyampaikan bahwa peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah perlu dilakukan secara terus menerus melalui berbagai program dan kegiatan, termasuk melakukan pemilihan Guru dan Kepala RA/Madrasah berprestasi ini. Untuk itu, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan, partisipasi dan kontribusinya dalam penyelenggaraan kegiatan ini (unkapnya).

Sementara itu, Pembina Kampus STIT Al-Kifayah Riau, Dr. Yundri Akhyar, MA menguraikan beberapa tujuan diadakannya pemilihan Guru dan kepala RA/Madrasah berprestasi ini, yaitu: pertama, mendorong dan meningkatkan motivasi Guru dan kepala RA/madrasah, untuk meningkatkan kinerja secara profesional pada satuan pendidikan RA dan Madrasah. Kedua, menciptakan guru dan kepala RA/madrasah yang mampu berkontribusi dalam membangun suasana pembelajaran. Ketiga, meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi guru dan kepala RA/madrasah. Keempat, memberikan apresiasi dan penghargaan prestasi kepada guru dan kepala RA/madrasah yang memiliki kompetensi, dedikasi dan prestasi dalam menjalankan tugasnya.

Adapun guru yang bisa mengikuti lomba ini adalah: pertama, mesti aktif melaksanakan tugas sebagai guru kelas atau guru mata pelajaran. Kedua,  pendidikan terakhir sekurang-kurangnya Sarjana (S1). Ketiga, telah melaksanakan tugas sebagai guru pada RA/Madrasah sekurang-kurangnya 5 (lima)  tahun. Keempat, tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin selama melaksanakan tugas sebagai guru. Sedangkan kriteria Kepala adalah: pertama, aktif melaksanakan tugas sebagai kepala Madrasah. Kedua, pendidikan terakhir sekurang-kurangnya Sarjana (S1). Ketiga, melaksanakan tugas sebagai kepala Madrasah kurangnya 3 (tiga) tahun. Keempat, tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin selama melaksanakan tugas sebagai  guru/kepala pada satuan pendidikan.

Ketua Pengawas Kota Pekanbaru sebagai ketua Tim Penilai Neny Sunarti, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa instrument yang digunakan dalam penilaian Guru dan kepala sudah dirapatkan secara matang, observasi lapangan sudah dilakukan mulai tanggal 24 November 2018, pengumpulan bahan portofolio pada tanggal 3 Desember 2018 dan pemenang akan diumumkan pada tanggal 23 Desember 2018 ungkapnya (Amin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us