SERAH TERIMA MAHASISWA KUKERTA KELOMPOK 10 STIT AL-KIFAYAH RIAU SEKALIGUS SOSIALISASI KESEHATAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Tahun 2020 STIT Al-Kifayah Riau melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk, pengabdian tersebut berbentuk Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) angkatan pertama mahasiswa STIT Al-Kifayah Riau. Kegiatan KUKERTA ini didahului dengan pembekalan kepada mahasiswa pada hari Rabu Tanggal 08 Juli 2020. Selanjutnya, mahasiswa yang berjumlah 204 orang dari Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) ini ditempatkan di berbagai wilayah kecamatan dan desa di Provinsi Riau, seperti Kecamatan Reteh, Kab. Indragiri Hilir, Kecamatan Tapung Hulu, Kecamatan Siak Hulu, Kecamatan Tambang Kab. Kampar, dan di Kota Pekanbaru yang disebar di beberapa Kelurahan.

Untuk mahasiswa KUKERTA kelompok 10 acara serah terima Mahasiswa  KUKERTA mahasiswa kampus STIT Al-Kifayah Riau Angkatan I Tahun 2020 yang dihadiri oleh Perangkat desa , Kadus, Rt, Rw, Tokoh masyarakat , Pemuka Agama, Alim Ulama dan ketua Pemuda setempat, juga tidak lupa kehadiran ibu ibu anggota PKK , Majlis Taklim desa pangkalan Baru kec. Siak Hulu kab Kampar yang diadakan di Kantor Balai Desa pada hari Jumat, 10 juli 2020 . yang mana kegiatan KUKERTA dilaksanakan dimulai dari tanggal 10 juli sampai dengan 2 September 2020.

Kegiatan Ini merupakan pengabdian mahasiswa STIT Al-Kifayah Riau untuk mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan dan sebagai salah satu syarat dalam mencapai Gelar Sarjana.

Tema KUKERTA yang diusung adalah “Kuliah Kerja Nyata Tematik Berbasis Pendidikan Masyarakat dalam rangka Pencegahan Covid-19”.  Dengan tema tersebut kegiatan yang dilaksanakan selama KUKERTA oleh mahasiswa adalah berbasis masalah yang ada dilapangan. Dalam kegiatannya mahasiswa memiliki misi dakwah (agama dan sosial), misi kesehatan, dan misi ekonomi yang dikumpulkan dalam 3M, yaitu:

  1. Mengentaskan masyarakat yang buta agama, yaitu mengajak orang untuk menjalankan kewajiban agama, mengajarkan Baca tulis Al-Qur’an, shalat, dll.
  2. Mengentaskan kemiskinan, yaitu dengan program pelatihan dan sosialisasi usaha rumahan dengan memanfaatkan lahan rumah sebagai usaha yang bernilai ekonomis, misalnya dengan pelatihan beternak lele dan hidroponik.
  3. Mengajak masyarakat hidup sehat, yaitu dengan berbagai kegiatan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat untuk hidup sesuai protokoler kesehatan selama masa pandemi Covid-19. Langkah pertama yang dilakukan mahasiswa adalah bekerja sama dengan Puskesmas III Siak Hulu dalam memberikan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada seluruh elemen masyarakat.

Acara serah terima ini dimulai dengan kata sambutan sekaligus penyerahan mahasiswa KUKERTA Kelompok 10 STIT Al-Kifayah oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kemudian kata sambutan oleh Kades Pangkalan Baru yang diwakili oleh Sekretaris Desa Bpk. Ahmad Adrian. Selanjutnya sosialisasi PHBS dari pihak Puskesman Siak Hulu III yang disampaikan oleh drg. Aniq Sri Mulyani, dkk.

Sebelum prosesi serah terima dilaksanakan terlebih dahulu mahasiswa dan pihak puskesma memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Kegiatan ini disambut dengan baik dan penuh antusias oleh masyarakat karena bagi mereka kegiatan seperti ini sangat mereka harapkan agar mereka lebih terarah dalam menjalankan protokol kesehatan selama masa new normal pandemi Covid-19.

Seperti yang dituturkan oleh Bapak Sekdes Ahmad Adrian Desa Pangkalan Baru selaku yang mewakili Kepala Desa Yusri Erwin yang berhalangan hadir. Beliau mengatakan bahwa dengan adanya Kegiatan dari mahasiswa STIT Al-Kifayah ini hendaknya dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat, beliau juga mendukung sepenuhnya atas kegiatan ini, dengan harapan agar masyarakat Desa Pangkalan Baru dan sekitarnya dapat lebih percaya diri dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
Sementara itu, pihak Puskesmas Siak Hulu III merasa sangat terbantu melalui kegiatan ini, drg. Aniq Sri Mulyani selaku kepala Puskesmas Siak Hulu III menyatakan bahwa dengan adanya Kukerta Mahasiswa STIT Al-Kifayah pihak Puskesmas dangat terbantu dan berharap agar mahasiswa KUKERTA menginisiasi berbagai kegiatan kesehatan lainnya kepada masyarakat, dan tentunya pihak Puskesmas Siak Hulu III akan membuka pintu kerja sama selebar-lebarnya. drg. Aniq berharap semoga semua  kegiatan berjalan sukses dan lancar sampai akhir masa KUKERTA.

KUKERTA yang dilaksanakan oleh Team 10 Mahasiswa STIT Al-Kifayah ini dibimbing langsung oleh Kaprodi PGMI STIT Al-Kifayah Riau, yatu Bapak Syahri Ramadhan, S.Psi., M.S.I. Beliau berharap kepada mahasiswa agar dapat mengabdi kepada seluruh masyarakat dengan baik, dapat menerapkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan sebelumnya dengan menjaga nilai norma, etika dan moral yang baik, serta dapat beradaptasi dengan adat istiadat setempat agar tidak menimulkan pertentangan ditengah masyasrakat. Selanjutnya, beliau juga berpesan agak mempromosikan kampus STIT Al-Kifayah Riau kepada seluruh masyarakat dan mengajak mereka untuk berpendidikan tinggi. (Team10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us