BANYAK FAKTA YANG TIDAK TEREKSPOS SEPUTAR KAMPUS STIT AL-KIFAYAH RIAU?

Banyak yang tidak tahu bahwa proses pendirian kampus STIT Al-Kifayah Riau di Kementerian Agama RI tercepat se-Indonesia tahun 2017, hal itu diumumkan di kantor Kementerian Agama di Jakarta pada tanggal 23 Maret 2017.

Banyak yang tidak tahu bahwa kampus STIT Al-Kifayah Riau adalah kampus terhemat se-Riau Kepri sehingga dengan keadaan ekonomi sulit pun bisa kuliah, biaya bisa dicicil, bahkan bisa dengan cara mahasiswa mengisi celengan di rumah masing-masing untuk mengangsur biaya kuliah, yang terpenting semangat kuliah itu ada dan disuburkan.

Banyak yang tidak tahu bahwa dengan uang Rp. 300.000.-  di awal bisa kuliah di kampus STIT Al-Kifayah Riau, SPP hanya 250 rb/bulan. Padahal biaya standar kuliah secara Nasional adalah sembesar 18 juta pertahun atau 9 juta/semester. Jika kampus Al-Kifayah mengikuti standar itu, maka banyak orang tua yang tidak sanggup dan akan sedikit orang yang bisa berpendidikan tinggi, padahal pendiri dan pimpinan Al-Kifayah menginginkan kemajuan ummat dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi.

Banyak yang tidak tahu bahwa Al-Kifayah artinya ketercukupan bukan mencukupkan, ini merupakan sebuah bentuk tafa’ul, optimis mudah-mudahan semua yang terkait dengan Al-Kifayah diberikan ketercukupan rezeki oleh Allah Sang Pemberi Rezeki. Insyaa Allah semua persoalan ada solusinya.

Banyak yang tidak tahu bahwa program studi di kampus STIT Al-Kifayah Riau adalah program studi pilihan yang segar dan besar peluang kerjanya kini dan akan datang. Sebab itu yang menjadikan kampus ini diburu oleh ratusan peminat setiap tahunnya, bahkan mengalahkan jumlah mahasiswa kampus-kampus lain di Riau untuk ukuran per program studi.

Banyak yang tidak tahu bahwa di kampus STIT Al-Kifayah Riau ada pilihan kelas, reguler pagi, reguler siang, reguler jumat-sabtu, reguler malam. Dengan demikian, para mahasiswa bisa memilih mana jadwal yang cocok dengan ritme tubuhnya untuk kuliah.

Banyak yang tidak tahu bahwa saat ini kampus STIT Al-Kifayah Riau diminati luas bukan hanya dari Riau, Kepri dan Sumatera tetapi juga dari Pulau Jawa sudah mendaftar kuliah bahkan dari luar negeri, Thailand sudah melakukan kerjasama untuk kuliah di kampus ini.

Banyak yang tidak tahu bahwa kampus STIT Al-Kifayah Riau berada di dua lokasi di Kota Pekanbaru sehingga mahasiswa bisa memilih lokasi kampus yang dekat dengan domisilinya. Mereka yang tinggal di sekitaran Jl. Sudirman, Pandau, Bukit Raya, Kecamatan Lima Puluh, Sail, Senapelan, Sukajadi, Rumbai dan Rumbai Pesisir bisa kuliah di Kampus Jl. Kartini. Sedangkan mereka yang tinggal di wilayah Panam, Marpoyan, Payung Sekaki, Tapung dan Kampar bisa kuliah lebih dekat di Jl. Uka Panam.

Banyak yang tidak tahu bahwa mahasiswa kampus STIT Al-Kifayah Riau banyak yang mendapat beasiswa, mulai dari beasiswa prestasi, tahfizh, bidikmisi, bansos, basnaz bahkan Qiro’atul Kutub (beasiswa yang terakhir khusus dari kampus).

Banyak yang tidak tahu bahwa pendiri, pimpinan dan pengelola dan sebagian dosen kampus STIT Al-Kifayah Riau berasal dari orang-orang kampung yang sudah mengalami kesulitan hidup sudah menempuh perjuangan yang rumit, artinya mereka orang-orang tangguh dalam meraih cita-cita dan mereka ingin terus mengajak mahasiswanya untuk terus menuntut ilmu dan berjuang untuk kemashlahatan diri dan ummat.

Banyak yang tidak tahu bahwa di kampus STIT Al-Kifayah Riau tidak hanya diajarkan untuk kemahiran diri, tetapi mahasiswa juga diajak untuk pengembangan ummat melalui pendirian lembaga-lembaga dan Alhamdulillah sudah banyak mahasiswa yang berkarya di tengah masyarakat dengan mendirikan Yayasan bahkan sudah banyak yang maju, ini untuk hidup penuh makna.

Banyak yang tidak tahu bahwa kampus STIT Al-Kifayah Riau selalu dan terus memperbanyak MoU baik dengan lembaga pemerintah maupun swasta, agar peluang kerja lulusan terbuka lebar.

Banyak yang tidak tahu bahwa kuliah di kampus STIT Al-Kifayah Riau tidak memandang usia, mulai umur 17 tahun sampai umur 62 tahun ada yang kuliah, usia hanyalah angka, siapa yang tetap semangat belajar dialah yang tetap muda.

Banyak yang tidak tahu bahwa kampus STIT Al-Kifayah Riau melarang mahasiswanya pacaran, bagi mahasiswa yang sudah usia matang untuk menikah dianjurkan untuk menikah bahkan diberikan uang saku agar terhindar dari dosa dan membujang lama (tabattul), tapi dengan syarat kuliah tetap dilanjutkan.

Banyak yang belum tahu bahwa kampus STIT Al-Kifayah Riau memuliakan mahasiswa, terus memberikan semangat kepada mereka untuk menimba ilmu, memperbanyak membaca buku dan jurnal, berakhlak mulia, dan tekun menjalankan ibadah.

Banyak yang belum tahu bahwa kampus STIT Al-Kifayah Riau menganjurkan kepada mahasiswa untuk hidup hemat dan sederhana, meskipun ada dari kalangan yang berada tetap menjaga kesederhanaan, rajin bersedekah, sayang kepada orangtua dan saling menyayangi dan memuliakan sesama manusia.

Banyak yang tidak tahu bahwa di bawah naungan Perguruan STIT Al-Kifayah Riau ada sekolah/madrasah baik yang formal maupun non formal, mulai dari RA, MI, MTs, Pesantren, TPQ dan MDTA, bahkan ada rumah tahfizh dan program baca kitab kuning/gundul. Sebagian mahasiswa bahkan ada yang mengabdi (khidmat) di Al-Kifayah sambil kuliah di Perguruan STIT Al-Kifayah Riau. (Dr. Yundri Akhyar, MA / Ketua Yayasan Kifayatul Akhyar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us