DUA SISI GADGET PADA MASA PANDEMI

DELI MARLINA, S.Pd.I
MIN 1 Kuantan Singingi

Mendengar kata Gadget tak asing lagi bagi kita. Kata gadget berasal dari bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik yang relatif kecil memiliki banyak fungsi. Dalam KBBI bahwa gadget memiliki arti gawai, yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya,dengan terus berkembangnya gadget semakin pesat mempengaruhi gaya hidup yang semakin mencolok.

Gadget merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah. Gadget  di anggap lebih lengkap dari pada alat elektronik lainnya karena fungsi dan sifatnya yang berbeda.Pada era sekarang ini, gadget mempunyai perluasan arti.

Kehadiran gadget di zaman yang serba canggih ini sudah menjadi kebutuhan utama. Diantara kehadiran gadget di zaman sekarang yang kian marak di semua kalangan. Gadget banyak digunakan oleh pelajar bahkan anak balita.

Pada masa pandemi begitu banyak orang menggunakan gadget dalam dunia pendidikan. Diantaranya adalah untuk menunjang proses pembelajaran. Meski  demikian kalau penggunaan gadget  ini bisa berdampak positif dan bisa juga berdampak negatif jika salah digunakan.

Dalam dunia pendidikan ,penggunaan gadget sangat membantu khususnya dalam menemukan informasi, sehingga para siswa selalu melibatkan gadget dalam proses belajar. Salah satu manfaatnya dalam pembelajaran adalah dapat memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga akan terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Dari sisi positif manfaat penggunaan gadget di lingkungan sekolah yaitu (1) Mempermudah kegiatan  belajar mengajar; (2) Menambah wawasan tentang perkembangan teknologi; (3) Mempermudah interaksi peserta didik dengan guru, misalnya peserta didik bertanya tentang pelajaran yang kurang mengerti ketika belajar dalam kelas; (4) Gadget bisa digunakan dalam belajar sambil mendengarkan musik sehingga siswa bisa lebih rileks.

Dari sisi negatif penggunaan Gadget yaitu: (1) Mengganggu perkembangan anak. Dengan modernnya perangkat yang adadi gadget  seperti kamera, permainan  akan mempengaruhi konsentari peserta didik dalam belajar di sekolah; (2) Bermain HP saat guru menjelaskan pelajaran, kalau hal  tersebut dibiarkan, maka kalangan anak muda yang harapkan akan menjadi budak teknologi; (3) Prestasi akademik menurun; (4) Dapat menyebabkan kecanduan; (5) Sangat  mempengaruhi karakter siswa; (6) Menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat.

Namun meskipun demikian gadget dapat menimbulkan sisi positif dan negatif terhadap prestasi siswa. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan guru terhadap sisi negatif  yang ditimbulkan gadget adalah profesionalisme di dalam pembelajaran, adanya larangan menggunakan gadget saat terjadinya kegiatan belajar mengajar di kelas, serta bantuan pengawasan orang tua. Dan tidak kalah penting kesadaran dari setiap siswa akan mamfaat penggunaan gadget dan efek penggunaan gadget yang dapat menunjang prestasi belajar siswa.

Selain berdampak pada bidang pendidikan, gadget juga berbahaya bagi kesehatan manusia diantaranya radiasi yang dikeluarkan gadget merupakan penyebab kanker seperti tiroid, leukemia, payudara, kanker perut, gangguan tidur, gangguan pendengaran, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us