FESTIVAL RIAU MENARI, KAMPUS STIT AL-KIFAYAH RIAU BERPARTISIPASI

Pekanbaru ( Minggu, 28/ 04/ 2019), Festival Riau Menari di gelar di tiga tempat, yakni Care Free Day, Living Word, dan Taman Budaya Pekanbaru. “Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari tari sedunia, dan berawal dari keresahan beberapa komunitas penggiat seni tari terkait kurangnya rasa peduli terhadap peringatan hari tari khususnya di Riau,  Provinsi Pekanbaru. Kegiatan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Pekanbaru”. (Ungkap Esterimauli, salah satu panitia Riau Menari).

Penggagas Riau Menari dimulai dari beberapa komunitas dan individu penggiat seni tari, seperti Official Kamar Kreatif, Pondok Belantara, Wan Harun Ismail, Dewi Safrila, Dina Siregar. Sedangkan Peserta Riau Menari terdiri dari sanggar, kemunitas, kampus di Riau, sekolah-sekolah, dan bersifat personal, peserta tari juga datang dari Kabupaten/Kota lain seperti Pariaman ikut berpartisipasi dan terdiri dari jenjang usia yang bermacam-macam. Adapun Jenis pertunjukan di Riau Menari, pertunjukan tari di semua genre, tradisional dan modern yang total peserta berjumlah sekitar 300 peserta dengan ketua pelaksana kegiatan yakni Bunda Dina Siregar, salah satu guru Sekolah Dasar di Pekanbaru.

 Beberapa tokoh masyarakat yang turut memberi support yakni R. Yoserizal selaku Kepala Dinas Kebudayaan, beberapa sponsor kegiatan SPN. Iwan Irawan Permadi, Muslim, S.Kar, M. Sn Provinsi Riau, Trisna Drw skin care, indocafe good day, Bayu GENPI (Generasi Penerus Indonesia) dan masih banyak lainnya.

Salah satu tokoh seni yang menyampaikan orasi tari pada malam puncak peringatan World Dance Day 2019 yaitu SPN. Iwan Irawan Permadi berpesan “Untuk berkesenian itu kita harus berjuang, baik dalam melestarikanya maupun dalam membuat sebuah event kesenian khususnya seni tari, apalagi untuk penari-penari  yang masih muda dan kreatif, selain itu penting untuk menari dari hati”. Ungkapnya.

Wakil Ketua I STIT Al-Kifayah Riau, Fitriana, S.Pd.I., M.Pd., Kons mengungkapkan “Kami sebagai perwakilan kampus STIT Al-Kifayah Riau memberikan apresiasi atas inisiatif, kreativitas, loyalitas  dan kesempatan ikut serta dalam mensukseskan kegiatan ini”. Ungkapnya. “Kegiatan ini sangat inspiratif, terutama untuk generasi milenial yang mayoritas lebih banyak mengenal budaya di luar daripada di dalam negeri khususnya provinsi Riau. Melalui Riau Menari ini membangkitkan kecintaan dengan budaya, kebersamaan, kekompakan antar generasi dalam latihan, performance dan banyak lainnya. Semoga pemerintah dan masyarakat terus antusias dengan kegiatan positif ini”. Ungkap Mayrani,  salah satu peserta  Riau Menari dari STIT Al-Kifayah Riau. (Fitriana).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us