GEGAP GEMPITA, MAHASISWA H.E.B.A.T STIT AL-KIFAYAH KULIAH UMUM DI ALPHA HOTEL PEKANBARU

STIT Al-Kifayah Riau melaksanakan kuliah umum dengan tema “Keunggulan Bersaing di Era Rovolusi Industri 4.0”. Kuliah umum kali ini menghadirkan narasumber yakni Dr. drh. Chaidir, MM. Kegiatan ini bersifat terbuka dihadiri oleh 405 mahasiswa, dosen, staf dan para tamu undangan pada hari Jumat (12/4/2019) di  Alpha Hotel, Pekanbaru. Kegiatan ini disambut secara antusias oleh para mahasiswa dan seluruh civitas akademika STIT Al-Kifayah Riau.

Pada kesempatan ini, sambutan diawali oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yakni Muhammad Syahri Dasopang “Kampus STIT Al-Kifayah merupakan kampus islami juga berkumpulnya para intelektual, kita sebagai mahasiswa harus bangga sebagai bagian keluarga STIT Al-Kifayah dan terus mendukung kemajuan kampus kita ini”. Ungkapnya.

Selanjutnya sambutan dari Wakil Ketua STIT Al-Kifayah Riau oleh Fitriana, S.Pd.I., M.Pd., Kons., pada sambutan yang meriah tersebut, diisi dengan salam semangat dan apresiasi yang tinggi kepada tamu undangan dan seluruh civitas akademika. “STIT Al-Kifayah Riau merupakan kampus baru selama dua tahun namun berkembang sangat pesat menjadi kampus besar di Riau, terdiri dari jurusan favorit yakni Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Kampus ini terus diminati oleh masyarakat, ini dapat dilihat berdasarkan jumah mahasiswa yang terus meningkat dan calon mahasiswa baru yang mendaftar selalu berdatangan. Kampus STIT Al-Kifayah Riau saat ini sedang mengajukan proses pengajuan akreditasi pada dua program studi PGMI dan PIAUD. Selain itu kabar terbaru bahwa kampus STIT Al-Kifayah Riau berada pada peringkat 16 besar posisi aman dari 36 kampus di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais wilayah XII karena data-data civitas akademika sudah dimasukkan secara lengkap ke sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) dan Education Management Information System (EMIS). Kemajuan STIT Al-Kifayah ini tentunya tidak lepas dari kerjasama seluruh civitas akademika dan seluruh stalkholder.” Tuturnya. Ia berpesan untuk terus menjadikan kuliah sebagai kualitas dan religiuitas bukan hanya rutinitas. Jangan jadikan keterbatasan pembatas menggapai mimpi, we must have a dream, jangan sia-siakan kesempatan, selagi ada kemauan pasti ada jalan, man jadda wajada” Tuturnya lagi.

Direktur STIT Al-Kifayah Riau, Mukhyar Buchari, S.Pd.I., S.Pd., MA mengajak seluruh mahasiswa untuk aktif mengikuti kuliah umum bersama narasumber, dapat mengaplikasikan ilmu dalam kehidupan sehari-hari, “Jadikan juga rekam jejak inspiratif narasumber sebagai motivasi untuk maju dan mampu bersaing dalam menghadapi era revolusi industri 4.0”. Ungkapnya.

Narasumber Dr. drh. Chaidir, MM memaparkan pentingnya memiliki jiwa kreatif, inovatif, mampu kompetitif di era revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan bersatunya beberapa teknologi, dari tiga bidang ilmu independen, yakni fisika, digital dan biologi. Terjadinya olah kerja yang menekankan pada pola digital economy, artificial, intelegence, big data, robotic, dan lain sebagainya. Kemudian di dalam teknologi dan ilmu komunikasi terdapat empat megatrend yakni Mobile, Social Media, Big Data, Cloud Computing. “Era Revolusi industri 4.0 ini telah menggeser berbagai cara manusia dalam melakukan tindakannya seperti mengubah cara manusia bekerja, cara manusia belajar, cara manusia belanja seperti memakai online shopping, go-jek atau go-food, cara manusia mengelola perusahaan misalnya tidak harus selalu di kantor dengan jas atau baju rapi, bisa saja dipinggir pantai dengan bermodalkan sinyal atau listrik, dan mengubah cara manusia mengelola pemerintahan. Menyikapi hal ini, agar dapat bersaing secara unggul di era rovolusi 4.0 ada beberapa keahlian yang penting yakni, 1) teknologi informasi, 2) kepemimpinan dan soft skill, 3) learning skill, 4) kemampuan komunikasi melalui banyak chanel” Tuturnya.

“Dalam menghadapi hal ini mahasiswa STIT Al-Kifayah Riau diharapkan terus meningkatkan kualitas diri, berjiwa H.E.B.A.T (Handal, Energic, Berani, Agamis, Tekun). Terus berkarya dan mampu bersaing dalam tingkat nasional bahkan internasional”. Ungkap Pembina STIT Al-Kifayah Riau, Dr. Yundri Akhyar, M.A. (Fitriana).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us