KEUNGGULAN PRODI PGMI STIT AL-KIFAYAH RIAU DAN PELUANG ALUMNI PGMI DI DUNIA KERJA

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STIT Al-Kifayah Riau adalah salah satu program studi favorit yang berdiri sejak tahun 2017, di tahun akademik pertama program studi ini sudah memiliki mahasiswa sebanyak 159 mahasiswa yang menjadi prestasi tersendiri bagi STIT Al-Kifayah Riau dalam pencapaian jumlah mahasiswa baru di tahun pertama berdiri. Jika dibandingkan perguruan tinggi yang setara dengannya. Di tahun ke dua sampai sekarang jumlah mahasiswanya terus meningkat, terhitung setelah berdiri sampai tahun akademik 2021-2022 mahasiswa program studi PGMI sudah lebih dari seribu dua ratus orang. Tingginya animo masyarakat untuk masuk ke prodi PGMI tidak terlepas dari keunggulan dan prospek lulusannya di masa depan.

Jika kita lihat peluang kerja yang membutuhkan lulusan program studi PGMI sangatlah menjanjikan, dalam formasi CPNS misalnya kebutuhan untuk formasi guru SD/MI termasuk yang terbanyak dengan formasi ratusan orang. Hal ini disebabkan regulasi pemerintah yang mengharuskan guru MI/SD mesti lulusan PGMI/PGSD. Sementara saat ini mayoritas guru yang mengajar pada jenjang SD/MI banyak yang bukan lulusan PGMI/PGSD atau tidak linear. Ke depannya masalah linearitas ini sangat penting, sehingga pemerintah hanya menerima lulusan PGMI/PGSD untuk jadi guru pada jenjang pendidikan tersebut.

Ada beberapa keunggulan jika anda calon mahasiswa mengambil jurusan PGMI di STIT Al-Kifayah Riau, diantaranya uang kuliah terjangkau bahkan termurah se Riau, tanpa bayar uang SKS. Selanjutnya program studi PGMI menyediakan banyak beasiswa baik lokalaupun nasional seperti Baznas Prov. Riau, Dinas Sosial, beasiswa tahfizh dan mahasiswa berprestasi dari Kemenag, dan full beasiswa KIP dari pemerintah Indonesia yang sampai saat ini sudah lebih 50 mahasiswa PGMI STIT Al-Kifayah Riau mendapatkan jaminan bebas uang kuliah plus ada uang saku dari pemerintah.

Selain jenis beasiswa di atas, yayasan Kifayatul Akhyar yang menaungi STIT Al-Kifayah Riau juga memberikan beasiswa kepada para muallaf, hafidz, dan mahasiswa yang menguasai bahasa Arab, tetapi jenis beasiswa yayasan ini tentu melalui proses seleksi dahulu dan ada syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi.

Selanjutnya program studi PGMI juga memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan, lulusan PGMI adalah salah satu yang banyak dibutuhkan di dunia kerja, ini sebanding dengan banyaknya lembaga pendidikan tingkat dasar atau madrasah ibtidaiyah yang diadakan oleh pemerintah maupun yang dikelola oleh pihak Swasta seperti SDIT, MIS, dan lain-lain.

Sejauh ini, berdasarkan survey sederhana yang dilakukan pihak prodi, alumni PGMI STIT Al-Kifayah Riau sudah mencapai 95% diserap dunia kerja baik pada sekolah milik pemerintah maupun swasta, dan ada diantara alumninya yang mendirikan lembaga pendidikan baik tingkat TK atau RA dan Sekolah Dasar sederajat.

Keunggulan dan prospek di atas bisa dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa Anda memilih PGMI STIT Al-Kifayah Riau. Mari bergabung bersama kami merajut rencana, meluaskan cakrawala, dan menjadi sarjana demi masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us