KULIAH UMUM KAMPUS AL-KIFAYAH, UNDANG NARASUMBER DARI MUFTI SURIAH

Pekanbaru – Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Kifayah Riau mengadakan acara kuliah umum tahun akademik 2021/2022 yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada pukul 20.00 WIB – 22.00 WIB, Sabtu (23/10/2021).

Kuliah umum tahun ini kita mengundang seorang narasumber merupakan salah satu pengelola lembaga pendidikan dan seorang mufti di Timur Tengah. Beliau adalah Syeikh Muhammad Ahmad Adanan Al-Afyuni yang menjabar sebagai Pimpinan Institute Internasional Al-Afyuni, Suriah. Ayahanda beliau Syeikh Adanan Al-Afyuni sangat sering berkunjung ke Indonesia. Dalam Kuliah umum ini juga pihak kampus mengundang moderator dan sekaligus sebagai penerjemah Syeikh Muhibbul Thibri Pimpinan Pondok Pesantren Nikmatullah Kasikan, Riau. Ujar Dr. Yundri Akhyar, MA selaku pimpinan Kampus STIT Al-Kifayah Riau.

Zalisman, S.Pd.,M.Pd.I selaku Ketua STIT Al-Kifayah Riau mengatakan bahwa tema kuliah umum tahun ini Urgensi Ilmu dan Guru dalam Islam. Tema ini kita ambil untuk memotivasi mahasiswa agar giat menuntut ilmu dan sengaja pihak kampus mendatang narasumber bertaraf Internasional supaya mahasiswa Al-Kifayah lebih giat dalam mempelajari dan menguasai bahasa internasional seperti Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Apabila kita banyak menguasai Bahasa asing, maka jangkauan komunikasi atau silaturahmi kita semakin luas, tidak hanyak hanya tingkat nasional, bahkan dunia internasional.

Syeikh Muhamamd Ahmad Adanan Al-Afyuni memberikan nasihat kepada semua peserta kuliah umum bahwa sikap seorang penuntut ilmu itu yang pertama harus selalu berusaha menjauh diri dari segala kemaksiatan agar ilmu yang kita miliki diberkahi oleh Allah Swt, kedua selalu menumbuhkan semangat dan tidak mudah putus asa dari segala macam rintangan dan cobaan yang dihadapi selama menuntut ilmu, dan yang ketiga adalah selalu menjaga hubungannya dengan Rasulullah saw dengan selalu memperbanyak shalawat dan meniru segala perilaku nabi Muhammad Saw.

Kemudian Ilmu adalah salah jalan bagaimana menjalankan perintah Allah swt, salah satunya adalah bagaimana beribadah dengan ilmu, sebab ibadah adalah salah satu tugas terpenting dalam kehidupan kita, kenapa kita diciptakan oleh Allah swt. Sebagaimana Allah Swt berfirman dalam surah Adz-Dzariyat Ayah 56:

وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ  ٥٦

Artinya: Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Berdasarkan ayat ini menjelaskan bahwa Allah menerima ibadah kita, kalau kita berilmu. Maka ilmu hal yang terpenting dalam hidup. Dimana ilmu akan membawa kita ke dalam kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Dengan ilmu kita bisa membedakan antara yang baik dan buruk, antara hak dengan bathil. Kemudian dengan ilmu kita bisa mengetahui bagaimana cara beribadah yang baik dan bisa mengetahui dan mentadaburi apa yang Allah swt ciptakan di dunia ini.

Kemudian diakhir kuliah umum syeikh mengatakan bahwa beliau ingin sekali berkunjung ke Indonesia suatu saat nanti dan datang ke Kampus STIT Al-Kifayah Riau serta Pondok Pesantren Nikmatullah Kasikan secara langsung. Mari sama-sama kita do’akan agar keinginan Syeikh Muhammad Ahmad Adanan Al-Afyuni segera terwujud untuk datang ke Indonesia dan berkunjung ke Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Kifayah Riau. (Aminpoel)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us