KULIAH UMUM STIT AL-KIFAYAH RIAU DIIKUTI SEKITAR 700 MAHASISWA HEBAT

Sebanyak 700 Mahasiswa STIT Al-Kifayah Riau padati kuliah umum dengan tema Prodi PGMI dan PIAUD Pilihan Cerdas Menuju Guru Bintang. Materi ini disampaikan oleh Mukhyar Buchari, MA Mahasiswa Program Doktor Pengkajian Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Minggu (19/01/2020).

Pada kesempatan itu, ada beberapa hal yang disampaikan, diantaranya pemilihan perguruan tinggi setidaknya memiliki aspek, yakni, keseriusan Perguruan Tinggi mengembangkan potensi program studi sekaligus mengembangkan potensi mahasiswanya, Keterjangkauan biaya kuliah dan fleksibilitas dalam sistem pembayaran, Harmonisasi lingkungan dengan pengembangan diri.

Dilanjutkan Perguruan tinggi yang baik, bukanlah perguruan tinggi yang menjalankan sistem birokrasi kaku, bahkan cenderung otoriter,  program Perkuliahan yang fleksible. Perguruan tinggi memang diwajibkan untuk memberikan sejumlah matakuliah kepada mahasiswanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,  birokrasi akademik yang tidak kaku. Selanjutnya, pemateri memberikan apresiasi kepada STIT Al-Kifayah yang telah memiliki aspek di atas.

“Untuk menjadi guru bintang, guru yang inspiratif, kreatif, dan inovatif bukan sesuatu yang mudah. Membutuhkan proses yang panjang, Ketika menjadi guru tidak lantas langsung menjadi inspirasi bagi siswanya. Salah satu caranya yaitu menjaga komitmen untuk terus memberi motivasi yang kreatif, inspiratif, dan inovatif kepada siswanya. Dengan motivasi ini, guru dapat menciptakan siswa unggul yang penuh dengan kreativitas dan kemampuan yang kompetitif”. Ungkap Mukhyar Bukhari  lagi. 

Selanjutnya, tips menjadi guru bintang dan inspiratif oleh National Board for Profesional Teaching Standar disampaikan yakni Menguasai materi pelajaran dengan baik, Mampu melakukan improvisasi dalam mengajar, Memiliki sensitivitas terhadap konteks,  Mampu memonitor pembelajaran, Selalu bertindak berdasarkan data, Respect terhadap orang lain, Mempunyai jiwa yang mendidik, Mampu melakukan manajemen kelas dengan baik”

“Dilanjutkan dengan mampu menggunakan dengan tepat kemampuan, dalam mengajar dan belajar, Mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan instruksional pembelajaran, memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pembelajaran berlangsung,  mampu memfasilitasi murid agar mencapai prestasi tertinggi”.

Di akhir penjelasan, Mukhyar Buchari berpesan agar para mahasiswa terus kokoh, komitmen dalam pilihan, hingga cita-cita tercapai. “Saya juga mensupport kampus STIT Al-Kifayah terus maju mencerdaskan generasi dan bangsa”. (Fitriana).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us