OPEN DONASI PEMBANGUNAN PESANTREN DAN KAMPUS AL-KIFAYAH RIAU

PESANTREN AL-KIFAYAH RIAU berada di bawah naungan yayasan KIFAYATUL AKHYAR dengan SK Menkumham Nomor: AHU-3210.AH.01.04. Tahun 2014. Kifayatul Akhyar diambil dari nama kitab fiqih karya Taqiyyuddin Abu Bakr bin Muhammad Al-Hishni yang artinya Ketercukupan bagi orang-orang baik. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan Islam yang didirikan bulan April 2014. Pendirian ini merupakan hasil inisiatif pendiri yang ingin menjadikan lembaga ini sebagai wadah untuk penanamkan pendidikan Islam pada generasi Islam.

Sebelum berdirinya Yayasan sebagai payung hukum bagi unit-unit lembaga, terlebih dahulu pendiri mendirikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Yang bertempat di rumah pribadi pendiri di perum. Mutiara Garuda Sakti blok H. MDTA ini mulai berdiri pada tahun 2012, melalui MDTA ini pendiri ingin menanamkan kemampuan bahasa arab dasar dan pengetahuan agama Islam kepada generasi muda.

Setelah dua tahun MDTA ini berjalan, pada tahun 2015 pendiri mulai mendirikan PESANTREN AL-KIFAYAH RIAU yang saat itu yang paling berkembang adalah tingkat MI AL-AL-KIFAYAH, sesuai dengan tingginya animo masyarakat yang ingin pendalaman pendidikan Islam pada anak-anak mereka, Pesantren Al-Kifayah Riau mulai pula menerima tingkat MTs dan MA dengan kurikulum pesantren, madrasah dan umum.

Di kelas ini, santri diajarkan kitab-kitab Arab gundul, selain kurikulum madrasah dan umum. Dengan kurikulum terpadu antara pesantren, madrasah dan umum yang diterapkan oleh perguruan Al-Kifayah dengan harapan lembaga ini lebih unggul dari madrasah dan sekolah lain. Terlebih lagi lembaga ini menarapkan Fullday School.

Dengan demikian, waktu santri lebih maksimal berada di lembaga daripada di rumah masing-masing sehingga pengaruh lingkungan yang negatif bisa terhindarkan. Selanjutnya untuk mengakomodir semua Pendidikan ummat, lembaga ini mulai pula melaksanakan program setaraan paket A (untuk tingkat SD), Paket B (untuk tingkat SMP) dan paket C (untuk tingkat SMA).

Sesuai pula dengan fokus dalam pengembangan pendidikan Islam di Riau, pada tahun 2017 Yayasan Kifayatul Akhyar telah mendirikan perguruan tinggi yaitu SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) Al-Kifayah Riau. Pendirian kampus ini diawali 2 (dua) prodi; Pendidikan Guru Madrasah Ibdidaiyah (S-1 PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1-PIAUD) Strata 1. Pengurusan izin perguruan tinggi ini telah dimulai dari 2016 dan keluar izin pada tanggal 23 Maret 2017. Dan akan menyusul prodi: 1). Pendidikan Agama Islam (S1-PAI), 2). Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (S1-BKPI), 3. Manajemen Bisnis Syariah (S1-MBS).

Sebagai jenis pesantren bermazhab syafi`i, Pesantren ini mempunyai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam. Disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengelolaan pendidikan dan pengajaran di pesantren ini dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren salafiyah dan modern, yang sebagian besar tinggal di lingkungan pesantren dan bisa mengawasi serta dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Ayo Bantuin Campaign Bersama Membangun Kampus dan Pondok Pesantren Tahfiz Al-Kifayah Riau dengan cara:

1. Klik Donasi Sekarang

2. Isi nominal donasi

3. Pilih berdonasi dengan apa. Lebih praktis dengan Metode QRIS,ALFAMART, VIRTUAL ACCOUNT. Bisa juga lewat transfer antar bank (BRI, Mandiri, BCA, BNI)

Kamu juga bisa bantuin Campaign Bersama Membangun Kampus dan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Kifayah Riau dengan menshare link ini di media sosial kamu, Forward juga kerabat kamu di Whatsapp.

Link Donasi Pembangunan Masjid Ibadurrahman Kampus Al-Kifayah Riau: Donasi Pembangunan Masjid Ibadurrahman Kampus Al-Kifayah Riau 

Link Donasi Pembangunan Kampus dan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Kifayah Riau: Donasi Pembangunan Kampus dan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Kifayah Riau

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us