PENDIDIKAN PENTING DALAM KEHIDUPAN

Oleh: Zahibur, S.Pd.I
Guru MTsN 8 Kampar

Secara umum pendidikan adalah salah satu proses untuk pengembangan diri setiap individu dalam kehidupan yang bertujuan untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. Daoed Joesoef menyatakan bahwa pendidikan sangat penting untuk kehidupan, pendidikan adalah pokok dasar kehidupan untuk menjadikan dan membina kehidupan menjadi lebih baik serta sesuai hak dan martabat manusia.

Pendidikan pertama yang kita dapatkan dalam hidup ini adalah dari keluarga yang disebut juga dengan pendidkan informal, pendidkan sekolah yang disebut (pendidikan formal), dan lingkungan masyarakat (pendidikan nonformal). Pendidikan dari keluarga (informal) yaitu pendidikan yang didapat oleh setiap orang dari sejak lahir hingga akan mati, baik didapatkan secara sadar maupun tidak sadar yang berpusat dari lingkungan keluarga dan pendidikan ini tentunya akan berlangsung seumur hidup. Kemudian Pendidikan Sekolah (formal) yaitu proses didikan yang didapatkan oleh setiap orang dengan mengikuti proses belajar di sekolah baik itu mulai dari Tk,Sd,Smp,Sma,Kuliah hingga menjadi seorang pengajar. Pendidikan nonformal merupakan suatu didikan yang diperoleh dari berinteraksi dengan lingkungan masyarakat.

Berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya pendidikan tersebut. Pendidikan, kemampuan, dan pengetahuan adalah modal dasar yang harus kita miliki dalam hidup saat ini. Alasan mengapa pendidikan merupakan dasar pokok kehidupan adalah kita contohkan saya ketika kita ingin melamar pekerjaan? Kemudian ketika kita ingin memulai bisnis? Tentunya hasil dari pendidikan, pengetahuan, dan kemampuan sangat diperlukan. Namun, khususnya dalam bangku pendidikan (sekolah) masih banyak warga Indonesia yang belum merasakan pendidkan atau disebut juga dengan sekolah, khususnya di daerah terpencil di indonesia. Maka dari itu perhatian terhadap pendidikan khususnya di Indonesia harus lebih ditingkatkan.

Kesadaran akan pentingnya pendidikan untuk kehidupan memang perlu ditingkatan. Karena pendidikan bisa meringankan kita dari lingkungan pikiran kita, serata membuat kita untuk berani berfikir dan merasalan akan hak hak yang nyatanya boleh di sampaikan dalam masyarakat. Dengan adanya ilmu, berpendidikan, setiap diri akan bisa mengendalikan diri dari perbudakan tingkah dan pikiran.. Ketika menyaksikan serta mendengarkan orang berpendidikan menyampaikan suatu ungkapan, akan sangat merasakan hal yang berbeda, seperti misalnya kagum dan hormat atas apa yang disampaikannya, karena kemungkinan besar apa yang disampaikan oleh orang yang berpendidikan pastinya lebih terarah dan ada manfaat yang disampaikan. Jadi dari sini dapat di lihat bahawa pendidikan dapat menentukan kedudukan seseorang dimasyarakat.

Di masyarakat orang berpendidikan tentunya akan lebih dihargai. Dari segi pekerjaan, pendidikan sangat berpengaruh apalagi mengenai jabatan. Tentunya orang yang berpendidikan tinggi akan mendapat posisi jabatan yang tinggi. Sebaliknya, orang yang pendidikannya rendah akan mendapatkan posisi yang rendah pula dalam kerjanya. Karena setiap bidang atau posisi jabatan yang didapat itu seseuai dengan kemampuan diri.

 Oleh karena itu sangat mudah untuk menyimpulkan bahwa pendidikan mengarah ke keberhasilan. Namun hal itu semua tidak berlaku untuk semua orang. Pentingnya pendidikan di masyarakat saat ini berjalan lebih dalam dari sekedar keberhasilan dalam hal duniawi. Menjadi bangsa yang besar merupakan cita cita setiap negara begitupun indonesia. Karena majunya negara tergantung kualitas masyarakat nya baik dari segi intelektual, spiritual, dan skill. Jika ingin negara maju, maka harus peduli dan menjadikan pendidikan itu hal yang sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, dengan kita menyadari bahwa pendidikan penting untuk kehidupan, sumber daya manusisa diindonesia harus lebih ditingkatkan kualitasnya agar tidak tertinggal oleh negara lain. Semoga dengan pendidikan, kehidupan kita kan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us