SEMUA DOSEN TETAP STIT AL-KIFAYAH RIAU IKUTI WORKSHOP MANAJEMEN PUBLIKASI BERBASIS OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS)

Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan publikasi jurnal di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Kifayah Riau mengadakan workshop untuk mempersiapkan jurnal-jurnal terbitan STIT Al-Kifayah Riau dalam menghadapi akreditasi nasional yang diadakan pada hari Ahad tanggal 22 Juni 2020 di Kampus II yang berlokasi di Jalan Kartini Kelurahan Simpang Empat Kecamatan Pekanbaru Kota – Kota Pekanbaru.

Acara workshop ini diawali oleh kata sambutan Ketua STIT Al-Kifayah Riau Zalisman, S.Pd., M.Pd.I yang sekaligus membuka acara workshop. Selesai sambutan pembukaan, dilanjutkan “Sharing tentang Kiat Menulis di Jurnal Bereputasi sampai tingkat Scopus”, dengan pemateri: Moh. Fauziddin, M.Pd (Staf Ahli Bidang Publikasi Rektor Universitas Pahlawan) dan Dr. Masrul., M.Pd (Ketua Pusat Bahasa Universitas Pahlawan). Acara pembukaan workshop dibuka pada pukul 08.00 WIB.

Ar-Raihana dan Mafahim sebagi jurnal ilmiah yang dibentuk oleh kampus STIT Al-Kifayah Riau  sejak tahun 2017 telah banyak mengalami fase perkembangan dan kemajuan. Dengan adanya Peraturan Dirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah; Surat Edaran Dirjen Dikti No. 2050/E/2011 tentang Kebijakan Unggah Karya Ilmiah dan Jurnal; Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 212/E/T/2012 tentang Panduan Pengelolaan Jurnal Terbitan Berkala Ilmiah maka pengelolaan Ar-Raihana dan Mafahim sebagai jurnal ilmiah program studi psikologi perlu adanya transformasi dari konvensional menuju open journal system.

Upaya untuk melakukan hal tersebut diawali dengan adanya pengajuan E-ISSN yang akan dimulai pada tahun ini. Dalam upaya lebih lanjut menjadikan pengelolaan open journal system menjadi lebih baik dan ideal maka dilakukan upaya lanjutan berupa keikutsertaan dalam workshop pengelolaan open journal system.

Dengan keikutsertaan dalam workshop ini nantinya menjadi dasar pengetahuan dan kemampuan untuk bisa meningkatkan kualitas manajerial dalam pengelolaan jurnal di kampus STIT Al-Kifayah Riau.

Pemateri menyampaikan tentang sistem manajemen situs ojs, manajer jurnal dan bagaimana cara mengelolanya. Sistem manajemen jurnal dikelola oleh editor, section editor, reviewer, copy editor, layout editor, dan proof reader.

 Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kejurnalistikan para dosen khususnya di STIT Al-Kifayah Riau. Harapannya mereka nantinya bisa memahami tentang sistem dan bagaimana cara mempublikasikan secara baik dan benar, tutur Ketua STIT Al-Kifayah Riau di sela sela kegiatan.

Ketua Yayasan Kifayatul Akhyar Dr. Yundri Akhyar, MA menyampaikan “STIT Al-Kifayah Riau tidak boleh tertinggal dari kampus-kampus yang duluan sudah maju, kita harus terus belajar dan tidak boleh malas dalam menimba ilmu terutama dalam bidang publikasi ilmiah, karena apabila junal kita banyak yang terpublikasi secara online maka rating nama dan pangkat kita akan cepat naik. Oleh sebab itu saya tidak ingin kampus STIT Al-Kifayah Riau tertinggal dari kampus lain, meskipun STIT Al-Kifayah Riau masih baru, namun saya percaya dosen-dosennya luar biasa”. (Aminpoel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us