SISI POSITIF WANITA JIKA BERPENDIDIKAN TINGGI

Zaman sekarang disebut era millenial ini, perubahan begitu cepat, terjadi disrupsi teknologi, diperlukan adanya keahlian adaptasi dan juga semangat untuk terus berinovasi dalam menghadapi era ini. Fakta ini akan dihadapi oleh semua orang baik laki-laki maupun wanita, semuanya dituntut untuk terus menimba ilmu pengetahuan dan melek terhadap teknologi informasi. Jika tidak, maka ia akan mengalami kesulitan menghadapi irama kehidupan yang perubahannya begitu cepat ini.

Wanita saat ini dituntut selain memiliki iman yang kuat, tetapi juga dianjurkan memiliki kemampuan untuk memperkuat ketahanan diri dan keluarganya dalam menghadapi kehidupan. Sebab nasib di masa mendatang tidak ada yang tahu, bisa jadi ekonomi keluarga itu dibantu oleh wanita sebagai istri, atau suaminya meninggal sedangkan anak masih kecil-kecil, atau dapat suami yang tidak bertanggung jawab, atau suami sakit parah, atau hal-hal lainnya. Maka dalam hal ini, seorang istri biasanya mengambil alih tanggungjawab. Biasanya wanita mengeluarkan jurus keahliannya, karena ia dulu berpendidikan tinggi.

Tetapi tidak hanya sekedar itu, meskipun laki-laki menjadi tulang punggung keluarga dan jadi sukses jangan lupa pula bahwa wanita tetap hebat. Dalam hal ini, sering pula didengar ungkapan yang mengatakan “Dibalik sukses nya laki-laki, ada wanita yang hebat”. Ungkapan ini menunjukan bahwa betapa pentingnya peranan seorang wanita di dalam kehidupan, karena wanita adalah Madrasah pertama bagi anak-anaknya, mendidik satu wanita sama dengan mendidik satu generasi, wanita tiang negara, apabila baik wanitanya, maka baiklah negara tersebut.

Oleh karena itu, dengan berpendidikan tinggi seorang wanita akan mampu membantu pasangannya dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan. Ia akan mampu memberikan nasehat dan pertimbangan-pertimbangan yang rasional. pendidikan yang baik akan membentuk cara berpikir dan kemampuan seorang wanita dari sudut pandang yang berbeda. Selain menjadi wanita yang cerdas bagi pasangannya, pendidikan dapat menjadikan wanita sebagai guru terbaik bagi anak-anaknya. seorang ibu harus berpendidikan tinggi, karena ilmu tersebut dapat digunakan untuk mengajarkan anak-anaknya, baik mengajarkan nilai moral, nilai agama, dan nilai kehidupan lainnya. Adapun alasan wanita mesti berpendidikan tinggi adalah sebagai berikut:

  1. Ia akan memiliki pemikiran yang kritis, dan berwawasan luas sehingga tidak mudah ditipu, dibohongi, dan diremehkan oleh orang lain.
  2. Wanita terdidik akan mandiri dan dapat membantu financial keluarga dan punya ide-ide untuk mengatasi kesulitan keluarga.
  3. Wanita terdidik dapat mendidik, mengajarkan anak-anaknya dan orang lain dengan baik mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan tuntunan agama.
  4. Wanita terdidik akan mengerti pentingnya ilmu dan amal dalam kehidupan. Ia banyak bermanfaat untuk ummat.

Dari sebab di atas, sudah selayaknya wanita meninggalkan paradigma lama yang mengganggap pendidikan tinggi tidak penting bagi wanita. Paradigma itu sudah ketinggalan zaman, sekarang saatnya para ibu dan calon ibu mesti menuntut ilmu setinggi-tingginya. Jadikan ilmu sebagai icon dalam diri dan keluarga agar lahir generasi yang cerdas dan berakhlak mulia sebagaimana impian semua orang.

Lalu dari mana biaya pendidikan tinggi bagi wanita?. Jika wanita belum berkeluarga, bisa jadi dari orangtuanya, atau kerja sendiri, mengajar mengaji atau les privat, dan sebagainya.

Jika sudah menikah, bisa jadi dari suaminya (suami sangat sayang istri), atau masih dibantu oleh orangtua (orangtua berduit) atau dari uang mahar, atau uang warisan, atau hasil tabungan, atau sambil kerja, dan lain sebagainya. Sungguh banyak cara agar wanita bisa berpendidikan tinggi. Semoga kita diberikan oleh Allah rezeki yang lain lancar dan cukup. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.


Penulis: Dr. Yundri Akhyar, MA

Editor: Muhammad Amin, ST.,M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us