STIT AL-KIFAYAH RIAU MENGADAKAN PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH POPULER DI BIDANG PENDIDIKAN

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Kifayah Riau mengadakan pelatihan dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Bidang Pendidikan” di Gedung Aula Kampus II pada tanggal Jum’at s.d Minggu, tanggal 14 s.d 16 Agustus 2020 yang berlokasi di Jalan Kartini Belakang Rumah Sakit Bhayangkara Kelurahan Simpang Empat Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 Peserta dari berbagai daerah diantaranya Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi. Pelatihan ini bertujuan untuk mengajak guru-guru agar lebih meningkatkan literasi khususnya di daerah Provinsi Riau dan umumnya di Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Ketua STIT Al-Kifayah Riau Zalisman,M.Pd.I. Beliau menyatakan bahwa sesuai dengan ketentuan umum UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru Profesional dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berbagai aspek. Tidak hanya memiliki kompetensi dalam pembelajaran, tetapi dalam hal penulisan karya ilmiah populer menjadi keharusan. Pola Pembinaan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Ilmiah harus ditingkatkan secara berkesinambungan. [tuturnya]

Dr. Yundri Akhyar, MA sebagai Pemateri I mengatakan bahwa artikel ilmiah populer itu sangat erat dengan karya ilmiah, namun ada sedikit perbedaan yakni artikel ilmiah populer merupakan Strukturnya fleksibel dan tidak kaku, ditujukan untuk kepentingan penyebaraninformasi, audience-nya adalah pembaca media dan masyarakat luas, dikemas secara menarik dan menyenangkan.

Kemudian Dr. Yundri Akhyar, MA lebih lanjut menyampaikan “kemampuan penulisan artikel ilmiah populer yang dimiliki oleh seorang guru tidak datang dengan sendirinya, melainkan dengan pelatihan dan kerja keras untuk menguasainya. Bukan hal yang tidak mungkin seorang guru dapat menulis artikel ilmiah populer, apabila ada keinginan yang kuat dan tekad yang tidak pernah menyerah. Insyaa Allah semua guru-guru akan mempunyai karya yang ditinggalkan ke anak cucu kita nantinya, mereka bangga kepada kita karena mereka dapat melihat karya tulisan kita di media massa. [ungkapnya].

Imelda Sapitri, M.H sebagai Pemateri II menuturkan bahwa dengan  memaknai pentingnya pendidikan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik yang merupakan garda terdepan dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas sebagai tenaga pendidik profesional. Adapun salah satu cara meningkatkan profesionalisme tersebut yaitu dengan menulis karena keseharian tenaga pendidik tidak bisa lepas  dari kegiatan“ membaca, menulis, dan berbicara”. Mengutip quotes dari Pramoedya Ananta Toer “menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Dengan menulis kita akan mengenal dunia, dengan menulis wawasan kita menjadi luas dan dengan menulis karya kita dikenal orang. Dalam pelatihan menulis ini dipaparkan cara praktis membuat artikel ilmiah populer serta di bimbing sampai artikel ilmiah jadi sehingga selesai mengikuti pelatihan menulis artikel ilmiah ini para peserta akan terbiasa memanfaatkan waktu luang untuk menulis. (Aminpoel)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
× Chat with us